BPH Migas Ultimatum Bakrie Soal Kalija 2

Infrastruktur Gas Bumi: Petugas megontrol ikatan tali pada pipa penyaluran gas bumi di area Indonesia Power PLTGU Tambak Lorok, Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jateng, Jumat (14/3/2014). Penyaluran gas bumi dari Kepodang ke PLTGU Tambak Lorok akan menjadi pembangkit listrik yang akan di distribusikan ke tiga koridor sehingga dapat menghemat anggaran mencapai Rp 2,1 triliun per tahun. Pasokan gas bumi tahap II juga akan dilakukan Kalimatan ke Jawa (Kalija) I dan II. (Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan)

Jakarta, ENNews (14 September 2017) – Selain ruas pipa gas Cirebon-Semarang (Cisem) yang belum dibangun, pembangunan proyek Kalija 2 yang ditugaskan kepada PT Bakrie Brothers Tbk pun belum juga dimulai.

Untuk itu Badan Pengatur Hilir (BOH) Migas pun mengultimatum Bakrie Brothers untuk segera membangun proyek Kalija 2. “PT Bakrie untuk mulai action Kalija 2 sudah BPH Migas kasih batas waktu 2 Oktober 2017,” kata Kepala BPH Migas Fanshurullah ke KONTAN pada Rabu (13/9).

Sebelumnya Bakrie Brothers menyatakan pembangunan proyek pipa gas Kalija 2 masih terkendala alokasi gas. Pihak Bakrie Brothers menjelaskan masalah tersebut dalam surat yang dikirimkan ke BPH Migas yang tertuang dalam Surat Presiden Direktur PT Bakrie Brotjers Tbk kepada Kepala BPH Migas nomor 041/S/BOD-BGU/VIII/2016 perihal Rencana Pembangunan Kalija II tanggal 8 Agustus 2016.

Sejatinya proyek Kalija 2 ini diserahkan pemerintah kepada PT Bakrie Brothers TBK. pada 2006 lalu. BPH Migas telah menetapkan Bakrie sebagai pemenang lelang ruas transmisi Kalija sepanjang 1.200 km dalam Surat Keputusan Kepala BPH Migas Nomor 042/Kpts/PL/BPH/Kom/VII/2006 pada 27 juli 2006.

Namun pembangunan ruas pipa Kalija baru dimulai pada 2012 karena Bakrie Brothers baru mendapatkan pasokan gas dari lapangan Kepodang. Pembangunan pipa gas kalija pun akhirnya dibagi dua, tahap I dikerjakan mulai 2012 dan tahap II dimulai pada 2014.

Tetapi hingga saat ini pembangunan Kalija II belum juga dibangun. Sementara itu, proyek Kalija I terancam juga tidak mendapatkan pakan gas karena produksi gas dari Lapangan Kepodang dalam kondisi Kahar. (ktn)

Related posts

Leave a Comment